12/12/19

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang


Whatsapp sekarang ini memang sangat popular digunakan oleh banyak kalangan sebagai instan massage, bahkan mengalahkan pendahulunya yang sudah exis yaitu BBM ( Blackberry masanger). Siapa sangka, aplikasi pesan instan WhatsApp ternyata memiliki sejumlah fitur yang tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Kendati disebut tersembunyi, sebenarnya fitur ini bisa diakses siapa saja cuman masih banyak orang yang belum mengetahui caranya. Pengguna bisa memakainya untuk memudahkan berbagai hal, seperti menjaga privasi, mengurangi konsumsi data, hingga beckup percakapan.


Berikut ini beberapa fitur tersembunyi di WhatsApp, yang kami rangkum dari berbagai sumber :


1.
Membuat “Last Seen” atau terakhir dilihat“ jadi tak terlihat

 

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

 

Last seen atau fitur terakhir dilihat merupakan fasilitas yang membuat para pengguna WhatsApp bisa saling melihat waktu online terakhir masing-masing. Pasti kalian pernah kan liat di dalam chat bagian atas muncul tulisan Last seen yang berupa waktu dengan tulisan yang berjalan nah itu. Tapi bagi sebagian orang, khususnya mereka yang sibuk dan tak ingin diganggu, kadang merasa privasi terancam dengan fasilitas ini. Namun tidak perlu khawatir, kita bisa menyembunyikan last seen ini agar orang-orang tak bisa melihatnya.
Caranya cukup mudah, yaitu pilih menu setting dilanjutkan memilih tab account and privacy, Setelah itu pencet “terakhir dilihat atau last seen”. Nah di situ ada tiga pilihan. Pertama, pilih everybody untuk membiarkan semua orang melihat last seen., my contact untuk membuat hanya orang yang ada di kontak saja atau kontak yang kamu save di hp kamu dan orang itu juga save kontakmu di hp mereka  yang bisa melihat. pilihan ketiga, nobody agar tidak ada satu pun orang yang bisa melihat informasi tersebut.
Pilihan yang ke tiga itulah yang akan mematikan fitur Last seen jadi orang tidak akan melihat kapan terkahir kamu membuka whatsapp begitupun sebaliknya kamu juga tidak akan bisa melihat Last seen mereka.

2. Membackup percakapan

 

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui OrangFitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

 

Nah fitur ini sangat penting nih kalau kamu onlineshop, apalagi kalau kamu banyak customer buat jaga-jaga nih karena hp yang super sibuk di otak atik terus ngeblank rusak, nah loh. Chat dari para customer ilang gimana loh bingung gak loh. Nah tips ini sangat bagus nih buat beckup chat kamu, jadi missal hp rusak atau hilang kamu bisa restore chat kamu ke hp yang baru.
Cara beckup chat whatsapp pun cukup simple kok. Cukup membuka menu setting kemudian memilih chat dan chat backup. Setelah itu atur penyimpanan percakapan di Google Drive dengan memasukkan akun gmail kamu. Selanjutnya, aplikasi secara otomatis akan membackup chat kamu dalam waktu tertentu disitu juga ada pilihannya untuk waktu membeckup , gak cuman chat semua media yang dikirim atau diterima juga bisa dibeckup jadi bisa dipulihkan kembali.

3. Mengontrol download data

 

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

 

Saat menggunakan aplikasi Whatsapp, biasanya kita mengikuti banyak grup apalagi buat kalangan sosialita. Dan umumnya, anggota grup sering mengunggah baik gambar, video, musik, dokumen, dan lainnya. Beberapa mungkin penting untuk kita, namun beberapa lainnya tidak penting. Sayangnya, pengaturan basic WhatsApp adalah otomatis mendownload semua data yang masuk. Untuk itu, kita harus mengubah pengaturannya menjadi download manual, jadi ketika ada yang mengirim file di group enggak akan otomatis terdownload dan masuk ke penyimpanan kita, so hemat data hemat memori handphone kita dengan hal yang gak penting juga kan.
Caranya untuk agar whatsapp tidak mendownload file otomatis cukup mudah kamu bisa ke menu setting, pilih Data Usage, dan ubah pada tab unduh otomatis. Di sini ada tiga pilihan mendownload otomatis yaitu when using mobile data (saat menggunakan data seluler), when connecter on Wi-Fi (saat tersambung Wi-Fi), atau when roaming (saat roaming).

4. Menyembunyikan tanda read

 

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

 

Tanda read adalah tanda pesan whatsapp sudah masuk dan sudah dibaca atau belum, biasanya kalau kita mengirim pesan whatsapp dan pesan masuk ditandai dengan centang dua dan ketika pesan yang kita kirim centang yang awalnya berwana abu-abu berubah menjadi biru berarti pesan kita dibuka dan dibaca. Nah kita bisa nih menonaktifkan fitur ini, Terkadang ada saatnya, kita hanya ingin membaca pesan tanpa orang yang berkirim tahu kita sudah membaca atau belum. Keuntungannya, kita tidak perlu tidak enak jika tak langsung membalas pesan tersebut.
Untuk mendapatkan fitur ini kamu bisa masuk menu setting dilanjutkan account privacy. Setelah itu hilangkan centang  pada tab read receipts (laporan dibaca). Fitur ini juga berlaku di whatsapp story juga jadi kalau kamu melihat story orang lain di hp mereka pun gak ada nama kamu melihat story mereka cocok buat kaum kepopers-kepopers nih. Hahaha. Dan begitu juga sebaliknya kalau ada orang yang melihat storymu.

5. Memberi tanda bintang pada percakapan penting

 

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui OrangFitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

 
Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Ini salah satu trik penting juga buat yang onlineshop, begitu banyaknya chat yang masuk pasti kamu bakal kesulitan ketika mau mengirim barang dan harus cari chat alamat mereka, Nah solusinya gunakan nih fitur.
Caranya cukup simple Caranya dengan membintangi  pesan dengan memilih atau tekan lama pada text yang akan dibintangi dilanjutkan pencet tombol titik tiga dan  tekan simbol bintang yang ada di samping tanda delete. Pesan yang kamu tandai selanjutnya bisa dilihat pada starred message alias pesan berbintang. Jadi kalau kamu onlineshop tinggal kasih bintang tuh chat yang isinya alamat mereka.

6. Membuat GIF sendiri

 

Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Belum Banyak Diketahui Orang

 

Fitur ini jarang banget nih yang tau, yaitu membuat gift sendiri, jadi kamu bisa membuat gambar gift sesuai yang kamu inginkan missal foto kamu atau foto apa gitu cocok buat lucu-lucuan nih, hehe
Caranya seperti mengirim video biasa, hanya kalian perlu memotong atau nge-trim dulu video 1-6 detik. Sesudah dipotong, pilih tab untuk mengubah video menjadi GIF.
Nah itulah beberapa fitur tersembunyi whatsapp yang belum banyak orang mengetahui. Semoga bermanfaat.


Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar