17/12/19

Kata Kata Lucu Bahasa Jawa Dan Artinya Asli Bikin Ngakak

Kata Kata Lucu Bahasa Jawa Dan Artinya Asli Bikin Ngakak, No 5 jangan sampek deh lu ngalamin


kata kata mutiara lucu bahasa jawa, gambar status wa lucu bahasa jawa,gambar story whatsapp lucu bahasa jawa, kumpulan kata kata lucu bahasa jawa, kata kata lucu b jawa

Kali ini mimin share nih kata-kata mutiara lucu dalam bahasa jawa tapi tenang ada artinya kok jadi yang gak paham b jawa bisa ngerti maksudnya pasti bikin ketawa, cocok nih untuk status whatsapp, status facebook buat sindiran atau pengen lucu-lucuan dalam bahasa jawa.


Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa daerah yang banyak diserap menjadi bahasa Indonesia. Dan bahasa ini pun punya banyak ragam dan karakteristik tersendiri dalam kalimat maupun intonasi dalam pengucapannya. Misalkan kata-kata bahasa jawa timur intonasinya lebih keras dan blak-blakan, Kata-kata bahasa jawa tengah intonasinya lebih lembut dalam pengucapan dan agak basa basi kalau berbicara, yaitulah beberapa perbedaan bahasa jawa yang banyak kita temui saat ini dan itu menjadi cirri khas masing-masing.


Nah di bawah ini adalah beberapa kumpulan kata lata lucu bahasa jawa yang mimin rangkum asli bikin ketawa, karena mimin sendiri adalah orang jawa nulisnyapun sambil ngakak sendiri. Hahaha

Kumpulan kata-kata lucu dalam bahasa jawa :

1. Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti turumu kurang nengah


“Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti tidurmu kurang di tengah” maksud dari plesetan kalimat bahasa jawa ini adalah jadi manusia itu harus punya cita-cita tinggi tapi jangan ketinggian entar jatuh dan ketika kamu jatuh berarti tidurmu terlalu dipinggir guys, pasti ada beberapa orang pernah mengalami pas enak-enaknya tidur di kasur eh malah jatoh gara-gara terlalu dipinggir tidurnya.


2. Wong lemu kui, dudu kakean mangan, tapi program diete sing gagal


Orang gemuk itu, bukan kebanyakan makan, tapi program dietnya yang gagal” maksudnya ya kalau ada orang gemuk jangan salahin cara makannya tapi dietnya yang gagal la wong dia gak mau diet maunya makan.


3. Dadi koe ngiri karo aku? Yo wis aku ngalah, aku tak nganan





“Jadi kamu iri sama aku? Ya sudah aku ngalah, aku ke kanan” kalau ini adalah sindiran sekaligus plesetan bahasa jawa guys jadi ngiri bisa diartikan iri atau ke kiri kalau nganan ya artinya ke kanan.


4. Aku ra butuh peta utowo gps, nek karo koe aku wes yakin kudu neng endi


“Aku enggak butuh peta atau GPS, kalau sama kamu aku udah yakin harus pergi ke mana” kalau ini kata-kata lucu sekaligus gombalan maut buat para bucin-bucin yang berkeliaran saat ini guys. Hahaha


5. Merdeka iku yen Soekarno mbe Hatta baris rapi ning njero dompet. Yen sing baris Pattimura, berarti isih perjuangan.


Merdeka itu kalau Soekarno dan Hatta baris rapi di dalam dompet. Kalau yang baris Pattimura, berarti masih perjuangan” ini plesetan yang unik nih, yang digambarkan di kalimat ini Soekarno adalah uang seratus ribuan dan patimura adalah uang seribuan. Kebayang gak lu kalau yang di dompet elu pattimura semua.


6. Wong jowo kui jos, bensin dadi bengsin, coklat dadi soklat, sayur dadi jangan, mobil dadi montor, utang dadi lali


Orang jawa itu hebat, bensin jadi bengsin, coklat jadi soklat, sayur jadi jangan, mobil jadi montor, utang jadi lupa” jadi bensi, coklat, montor itu emang logat pengucapan orang-orang  jawa guys jangan kalau di jawa itu masakan yang isinya sayur-sayuran dan lali adalah Lupa. Pernah mengalaminya share di sini. Hahaha


7. Nek ngomong ojo dhuwur-dhuwur, mengko lambemu iso kesampluk pesawat



Kalau ngomong jangan tinggi-tinggi, nanti mulutmu bisa ketabrak pesawat” kalimat jawa ini merupakan sindiran buat orang-orang yang sombong ngomong sok-sokan ya tinggi berarti di atas=dilangit entar ke tabrak pewat yang lewat tau rasa luh.


8. Ora usah mikir omongane wong liyo, wong liyo ae nek ngomong yo ora mikir


“Enggak usah mikir omongannya orang lain, orang lain aja kalau ngomong enggak pake mikir” paham gak maksud kata-kata ini? Pernah kan kamu ngerasain kalau orang lain ngomongin kita tuh asal jeplak gak tau faktanya ya jadinya fitnah.


9. Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan ngomong raenek wektu, berarti wonge ra ndue duwit


“Waktu adalah uang. Kalau temanmu kamu ajak main bilangnya enggak ada waktu, berarti temanmu enggak punya uang” Ada gak nih tememnmu yang kayak gitu susah banget kalau di ajak keluar patut dipertanyakan emang dia sibuk apa gak punya duit kayaknya banyak yang poin ke dua, panggil orangnya di kolom komentar. Wkwkwk 


10. Jenenge urip mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenenge dangdutan



“Namanya hidup pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan” plesetan unik nih namanya hidup cobaan itu pasti banyak kan kalau banyak saweran ya bukan hidup namanya tapi dangdutan tuh nyawer biduannya.


11. Foto DP kok karo pacare terus, opo mbiyen leh tuku hp urunan?


“Foto DP kok sama pacarnya terus, apa dulu beli HP-nya patungan?” ini kata sindiran bahasa jawa nih, buat temen-temenmu yang alay pasang foto sama ceweknya mulu, pas putus mau ape lo.


12. Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku


“Kalau aku lihat dari sorot matamu, sepertinya kamu mau ngutang ke aku” sindiran lucu nih, punya temen kayak gini enggak? Jangan dikembang biakkan ya. Haha


13. Aku pancen sengojo ora adus, ben kethok alami


“Aku memang sengaja enggak mandi, biar kelihatan alami” cocok banget buat kamu yang jarang mandi tapi temenmu sewot mulu. La wong kamu yang gak mandi aja gak masalah kok biar kelihatan dekil juga, malah temenmu yang sewot, Iyalah begok baunya kemana-mana. Wkwkwk


15. Semua akan mumet pada waktunya


“Semua akan pusing pada waktunya” kalau ini plesetan dari pribahasa semua akan indah pada waktunya.


16. Guyon ki ojo kelewatan. Nek kelewatan ngko mutere kadohan


“Kalau bercanda jangan kelewatan, soalnya kalau muter malah kejauhan” kata kata lucu bahasa Jawa ini juga dapat dijadikan pengingat saat bercanda sama temen. Terkadang kalau kita becanda tuh lepas control sampai kelewatan dan bikin marah orang lain.


17. Truk wae nduwe gandengan, mosok koe ra nduwe gandengan?


“Truk aja punya gandengan, masak kamu gak punya gandengan” sindiran lucu nih buat temenmu atau kamu sendiri yang jomblowan dan jomblowati. Hahaha


18. Kowe bar mangan aspal po? Kok ngomongmu atos?


“kamu habis makan aspal apa? Kok bicaramu keras?” ini sindiran buat orang yang dating-dateng gak ada apa-apa tiba-tiba ngomongngya ngegas, keras, kayak aspal.


19. Kula ngertos nek rejeki niku mung titipan. Tapi Gusti, mbok nek nitip kathah sekedhik


“Tuhan  saya tau rezeki itu hanya sebuah titipan. Tapi Tuhan, Kalau bisa nitip yang banyak sekalian” Kalau ini doa sambil maksa nih, buat story whatsapp atau status facebook cocok nih.

20. Kerjo tak tekuni, duit tak celengi, dolan tak kurangi, InsyaAllah tahun ngarep lambemu tak keramik



"Kerja saya kurangin, uang saya tabung, maen saya kurangi, insyaAllah tahun depan mulutmu saya keramik" ini adalah sindiran keras buat orang yang suka nyinyir sama kita.


Nah itulah kumpulan kata-kata lucu bahasa jawa yang bikin ngakak dan bisa kamu jadikan story whatsapp, status facebook, twitter, dll buat hibura. Semoga bermanfaat.

Baja juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar