23/11/19

Alasan Kenapa Jangan Keramas Setiap Hari, Ini Akibatnya


Berapa kali Anda keramas setiap harinya? Satu kali? Dua kali? Tiga Kali? Nah itulah beberapa pertanyaan apakah keramas setiap hari baik atau tidak. Namun umumnya, bagi orang yang mengetahui baik atau tidak keramas setiap hari akan menghindari itu.

Bagi sebagian orang mungkin berfikir semakin keramas semakin bagus ya. Maklum saja, namanya juga kegiatan membersihkan bagian tubuh, semakin sering, pasti semakin bersih, dan itu tentu semakin bagus kan.

Keramas atau mencuci rambut merupakan salah satu kegiatan menjaga kesehatan dan kesegaran rambut, memang benar tapi ada batasan yang dianjurkan sebaiknya jangan terlalu sering keramas setiap hari loh.

Karena bukan rambut sehat yang didapat, namun justru akan memberikan masalah pada mahkota kita.


Nah apa saja alasan mengapa tak dianjurkan untuk keramas setiap hari? Berikut efek keramas setiap hari yang kami rangkum :

1. Menghilangkan minyak alami rambut


Kulit kepala kita menghasilkan minyak alami yang disebut dengan sebum.
Sebum tentu juga punya peran penting untuk kesehatan rambut kita.

Jika terlalu sering keramas minyak ini bisa terangkat bersama kotoran ketika rambut dikeramasi menggunakan sampo, hal ini akan menjadikan rambut kering dan rambut rentan mengalami masalah.

2. Memudarkan warna rambut

Rambut memiliki lapisan kutikula disetiap helainya yang melindungi warna rambut. Proses keramas yang terlalu sering membuat lapisan kutikula perlahan akan terkelupas. Kutikula yang terbuka akan menyebabkan warna rambut jadi pudar, kusam dan tidak cantik lagi

Nah untuk mempertahankan warna rambut kita, disarankan untuk tidak mencucinya setiap hari.

3. Menyebabkan rambut rontok


Terlalu sering berkeramas akan membuat rambut kamu menjadi rontok. Hal ini bisa terjadi karena rambut yang basah memiliki sifat yang lebih sensitive dan rapuh terutama pada akarnya. Hal ini tentu akan membuatnya rentan alami kerusakan

4. Mengganggu Pertumbuhan Rambut

Manfaat shampo salah satunya adalah dapat melembapkan rambut. Tapi, apabila dipakai secara terus menerus setiap hari, akan mengikis sebum atau minyak rambut di kulit kepala. Lalu residu dari shampoo akan menumpuk di kulit kepala. Apabila hal ini terjadi terus menerus akan mengganggu pertumbuhan rambut. Nutrisi dari akar yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan rambutpun tidak akan terdistribusi dengan baik hingga ke ujung rambut sehingga kesuburan rambut terganggu.


5. Indikasi beropengaruh menyebabkan kanker

Kandungan di dalam sampo bernama sodium lauryl sulfate (SLS) yang bisa membuat sampo berbusa ternyata juga bisa memicu iritasi pada kulit kepala. Selain itu, kandungan paraben di dalamnya juga telah beberapa kali dikaitkan dengan kanker payudara di banyak penelitian. 

Hal ini berarti, jika kita terlalu sering menggunakannya, risiko terkena kanker dikhawatirkan bisa meningkat. Nah lebih baik mana mengobati atau mencegah?

Itulah beberapa efek negatif keramas setiap hari yang kita rangkum, semoga bermanfaat.

Baca Juga :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar