24/11/19

Cara Merawat Rambut Kering Dan Bercabang

Tidak semua orang dianugerahi dengan rambut yang tebal sehat, dan berkilau terlebih untuk para wanita . Bahkan, bagi mereka yang terlahir dengan berbagai anugerah tersebut, apabila tidak tahu bagaimana cara merawat rambut mereka pun akan kehilangan anugerah tersebut.


Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana merawat rambutkering, rusak, dan bercabang yang ampuh yang bisa kamu coba untuk mengatasi hal tersebut :
1. Jangan Gunakan Air Panas Untuk Merawat Rambut
Mandi air hangat memang menyenangkan. Selain itu tentu saja mandi air hangat bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Tapi masalahnya, air hangat atau air panas dapat menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering. So buat kamu yang memiliki rambut kering, kurangi mandi dengan air hangat atau ketika kamu mandi dengan air panas jangan bilas rambut dengan air hangat tadi.


2. Gunakan masker alami yang terbuat dari alpukat matang


Cara mengatasi rambut kering bercabang  dan kusam lainnya bisa dengan memanfaatkan bahan alami salah satunya yaitu alpukat. Alpukat dikenal kaya vitamin dan mengandung sejumlah asam lemak esensial yang dapat membuat rambut terlihat makin berkilau.
Nah cara membuat masker rambut dari alpukat berikut caranya :
·         Sediakan satu buah alpukat yang sudah matang dan 1 butir telur
·         Tumbuk alpukat hingga halus. Kemudian campurkan dengan telur dan kocok hingga berbusa
·         Setelah itu terapkan pada rambut dan diamkan selama 20 menit
·         Terakhir bilas dengan air bersih

3. Campurkan shampoo dengan sebutir telur

Kamu juga bisa mengaplikasikan telur ayam dengan shampoo loh. Caranya campur telur dengan shampoo secukupnya, lalu aduk hingga rata. Gunakan campuran tersebut untuk menyampo kulit kepala dan rambut. Lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dibilas dan dibersihkan.

4. Nutrisi kulit kepala dengan masker pisang


Nah ini bahan salah satu bahan alami yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rambut kering dan bercabang. Selain dikonsumsi, sebenarnya pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk menyuburkan rambut. Cara memanfaatkannya.
·         Haluskan pisang hingga membentuk pasta
·         Setelah itu, terapkan pada rambut
·         Lalu diamkan selama kurang lebih 15-20 menit
·         bersihkan dan dibilas.
Masker pisang ini bisa diterapkan seminggu sekali untuk menutrisi rambut dan kulit kepala.

5. Konsumsi vitamin khusus untuk rambut


Kamu wajib memenuhi kebutuhan vitamin rambutmu dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin. Selain bisa membantu rambut tumbuh lebih cepat, suplemen juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih berkilau.


6. Jangan menggunakan keramas setiap hari

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas efek negatif terlalu sering keramas karena Shampoo dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Menurut para ahli, rambut sebaiknya dikeramas 1 kali dalam dua hari.


7. Membuat masker alami untuk rambut


Salah satu masker terbaik untuk merawat dan mengatasi rambut kering, bercabang, serta rontok, adalah dengan masker rambut alami seperti bahan-bahan berikut :
·         Minyak zaitun
·         Minyak biji anggur
·         Alpukat
Kita dapat mengkombinasi ketiga bahan alami tersebut untuk mencegah rambut kering dan bercabang.


8. Hindari menggunakan berbagai bentuk alat pemanas atau pengering rambut


Catok atau pengering rambut dapat menyebabkan rambut mudah stres, kering, mengalami kerusakan, rapuh, dan bercabang. Sebagai saran agar tidak sering menggunakan alat-alat tersebut, biasakanlah mengeringkan rambut secara alami dengan mandi lebih awal misalnya jadi ada waktu untuk mengeringkan rambut secara alami.


9. menggunakan minyak kelapa untuk melembabkan rambut secara alami


Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembab alami untuk rambut. Selain bermanfaat untuk melembabkan rambut, minyak ini juga bisa membantu menguatkan rambut dan mencegah ujung rambut jadi bercabang.

10. Biasakan mencuci kepala dan rambut dengan air dingin

penggunaan air dingin saat keramas dapat membantu memperlancar peredaran darah di kepala. Rutinitas ini akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat, melindungi tiap folikel lebih halus dan juga berkilau.

11. Hindari shampoo atau conditioner yang mengandung bahan-bahan berikut ini


Shampoo dan conditioner yang mengandung: silikon, sulfat, dan alkohol sebaiknya hindari bahan-bahan tersebut. Karena kandungan seperti sulfat dan berbagai kandungan yang telah disebutkan di atas dapat menyebabkan rambut menjadi kering karena kehilangan kelembaban.

Nah itulah beberapa hal sederhana yang dapat kamu aplikasikan untuk mengatasi rambut kering bercabag dan rontok, semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar